AMD Resmi Umumkan Ryzen 5000 Janjikan Performa Gaming Lebih Kencang

Posted on

AMD Resmi Umumkan Ryzen 5000 Janjikan Performa Gaming Lebih Kencang – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa AMD bersama Ryzen melenggang pesat sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 lalu. Semua generasi prosesor Ryzen yang dirilis benar-benar menawarkan peningkatan yang cukup baik. Apalagi, para pengguna tidak perlu mengganti motherboard untuk menikmati generasi terbarunya.

AMD Resmi Umumkan Ryzen 5000 Janjikan Performa Gaming Lebih Kencang

Hari ini, AMD resmi mengumumkan prosesor terbarunya dengan arsitektur Zen 3, prosesor tersebut adalah Ryzen 5000. Tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya, AMD masih menggunakan fabrikasi 7nm pada generasi terbarunya ini. Namun tenang saja, AMD sendiri menjanjikan akan ada peningkatan performa 19% dalam hal instruction per cycle (IPC). Begitu juga dengan performa gaming, setidaknya ada peningkatan hingga 51% secara rata-rata.

Menariknya AMD juga memastikan kepada semua motherboard seri 400 dan juga seri 500 tidak perlu membeli motherboard perlu. Artinya, para pengguna motherboard Ryzen sebelumnya hanya perlu menunggu update BIOS untuk bisa menggunakan Ryzen 5000.

Beberapa waktu lalu, bocoran benchmark dari Ryzen 7 5800X telah bocor di internet. Performa Ryzen 7 5800X dikabarkan lebih kencang dari i9-10900K. Setidaknya, menurut angka benchmark di bawah ini performa Ryzen 7 5800X lebih kencang sekitar 16% dari i9-10900K. Prosesor tersebut juga kabarnya akan bisa di overclock hingga lebih dari 5.0GHz.

AMD sendiri memastikan kalau prosesor dengan arsitektur Zen 3 tersebut akan mulai diluncurkan mulai November mendatang. Untuk perilisannya di Indonesia sendiri belum diumumkan, namun biasanya tidak akan berbeda jauh dari perilisan secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *