Cara Menggunakan Google Classroom untuk Belajar dari Rumah

Posted on

Masuk tahun ajaran baru 2020/2021 sejumlah besar pelajar di semua Indonesia harus belajar dari rumah. Karena epidemi Covid-19 tidak segera berkurang. Beberapa sekolah juga memanfaatkan beberapa basis untuk mendukung kesibukan belajar mengajar di dalam rumah. Salah satunya yang banyak dipakai ialah Google Classroom. Basis ini mulai terkenal di golongan pendidik serta peserta didik semenjak awal tahun 2020 persisnya semenjak anjuran untuk belajar dari rumah sebab epidemi. Tetapi untuk beberapa siswa baru yang kemungkinan belum akrab dengan Google Classroom.

Cara akses Google Classroom

Pertama kali, siswa harus log-in terlebih dulu memakai account Gmail. Selanjutnya, click simbol menu aplikasi Google yang berada di samping kiri photo profile. Gulir ke bawah sampai mendapatkan aplikasi “Classroom”. Sesudah halaman Classroom terbuka click tombol “lebih” yang berada di samping kiri menu aplikasi Google. Lalu pilih gabung kelas. Sesudahnya, input code yang sudah diberikan guru. Guru dapat juga bagikan link atau link Google Classroom dimana siswa langsung dapat mengeklik link itu untuk gabung ke kelas. Nanti kisah kelas akan tersimpan automatis.

Ada fitur apa sajakah? 

Sesudah masuk, akan ada halaman kelas mata pelajaran. Di sini, siswa dapat lihat materi, pekerjaan, atau info lain dari guru. Halaman itu akan tampilkan judul mata pelajaran yang sedang diiringi serta nama guru pengampu. Disamping kiri ada kolom pekerjaan mendatang serta pekerjaan apakah yang telah memasuki batas pengumpulan ini hari (deadline). Di atas header atau judul mata pelajaran ada tiga menu penting yaitu komunitas (stream) pekerjaan (classwork) serta anggota (people).

Menu komunitas dapat dipakai untuk wadah dialog di antara guru serta murid. Guru dapat juga melempar satu tema serta beberapa siswa dapat melempar gagasannya lewat kotak komentar. Di menu ini murid dapat juga mengambil materi yang diberikan guru.

Lalu di menu classwork siswa dapat lihat pekerjaan-tugas apa yang diberi guru. Seperti menjawab kuis yang diberi atau kumpulkan pekerjaan. Jika ingin kirim pekerjaan, click pilihan “lebih atau buat” yang berada di bagian kanan monitor. Selanjutnya pilih pilihan sesuai dengan pola file pekerjaan yang akan dikirim apa berupa link atau lampiran file atau bagikannya lewat Google Drive. Sebelum pekerjaan di upload siswa dapat memeriksa terlebih dulu pekerjaannya dengan mengklik lampiran. Bila telah percaya click hand in atau “berikan” untuk mengirim pekerjaan.

Siswa dapat menggagalkan kiriman pekerjaan jika tiba-tiba sangsi atau file yang diupload salah. Jika ada yang kurang jelas berkaitan pekerjaan, siswa dapat menanyakan di kotak komentar kelas. Bila malu-malu, dapat menanyakan pada guru di kotak komentar private. Paling akhir ialah menu people. Siswa dapat lihat siapapun rekan-rekan kelas serta guru yang masuk. Siswa dapat memberikan email ke salah satunya anggota dengan mengklik simbol amplop putih di samping kanan. Simbol itu akan ke arah situs Gmail dimana siswa dapat kirim e-mail pribadi ke rekan atau guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *