Jumlah Download Game Mobile Pecahkan Rekor Baru Akibat WFH

Posted on

Kebijaksanaan Work From Home (WFH) yang diresmikan di beberapa negara semenjak beberapa waktu paling akhir, membuat jumlah unduh game mobile pecahkan rekor baru.

Firma penelitian aplikasi mobile, App Annie, menulis jika berlangsung kenaikan jumlah unduhan pada game mobile baik di iOS atau Android semenjak minggu pertama.

Dalam periode waktu 1 minggu di kuartal ke-2 (Q2) 2020, game mobile di ke-2 basis itu sudah didownload sekitar 1,2 miliar kali dengan cara global. Angka itu bertambah 20 % dari periode yang sama pada tahun awalnya.

Bila dihitung keseluruhannya, pada Q2 2020 ini, jumlah game mobile yang didownload di iOS hampir capai angka 3 miliar kali. Angka ini bertambah 20 % dari periode yang sama tahun 2019.

Sesaat game di basis Android, sudah didownload sekitar 11 miliar kali semasa periode April sampai Juni.

India serta Brasil jadi dua negara dengan jumlah unduhan game mobile paling masif di Google Play Store. Sedang Amerika Serikat serta China, jadi pasar paling besar untuk game di iOS.

Kecuali jumlah unduhan, kenaikan ini diiringi dengan rekor baru untuk jumlah pengeluaran untuk game mobile.

Pada periode waktu yang sama, beberapa pemain game mobile di dunia habiskan keseluruhan 19 milar dollar AS, atau seputar Rp 274,7 triliun, seperti dikumpulkan KompasTekno dari Equal Ocean, Minggu (12/7/2020).

Angka itu tidak mengagetkan. Karena, pada 2019 lalu, pencinta game semakin banyak habiskan uang mereka untuk game mobile daripada konsol.

Hal itu nampak hasil dari riset yang dilaksanakan instansi penelitian App Annie semasa tahun 2019.

Di tahun 2019, dengan cara kumulatif beberapa pencinta game habiskan nyaris 100 miliar dollar AS atau Rp 13.650 triliun. Untuk lakukan pembelian game mobile atau item yang ada pada game itu. 

Angka ini alami kenaikan sebesar 25 % dari tahun awalnya. Jumlah itu serta semakin besar dari pengeluaran yang dihabiskan untuk game konsol, game PC, serta game piranti handheld.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *